Sabtu, 28 Maret 2015

Wahai Para Pelajar

Wahai para penuntut ilmu (pelajar)
ketahuilah bahwasanya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat memiliki beberapa persyaratan yang perlu engkau lakukan, agar kelak ilmu yang kau dapatkan berguna dan bisa menjadi jembatan untuk menuju ridho Allah swt. Dalam kitab اداب العالم والمتعلم karya Hadlratus Syaikh K,H Muhammad Hasyim Asy'ari , yang sudah diterjemahkan oleh Dr.Rosidin,M.Pd.I dengan judul " Pendidikan Kerakter Khas Pesantren". disebutkan dalam beberapa bab tentang hal ini , diantaranya:
Bab 1 ; Keutamaan Ilmu, Ulama' dan belajar mengajar
Bab II : Karakter Pelajar terhadap diri sendiri
Bab III : Karakter Pelajar terhadap pendidik
Bab IV : karakter pelajar terhadap pelajar
Bab V : Karakter orang alim terhadap diri sendiri
Bab VI: Karakter Pendidik dalam Belajar mengajar
Bab VII:Karakter Pendidik terhadap pelajar
Bab VIII : karakter terhadap buku pelajaran (kitab) 
Dalam keutamaan ulama' di sebutkan bahwa Allah meninggikan derajat ulama' diantara kalian karena ulama mampu menyatukan ilmu dan amal sekaligus. 
Ibnu Abbas RA berkata : "Derajat para ulama' diatas kaum mukminin ( yang bukan ulama') dengan selisih 700 derajat , dimana jarak antar derajat adalah sejauh perjalanan yang ditempuh selama 500 tahun. Ulama' adalah orang yang takut kepada Allah swt, sedangkan orang takut kepada Allahswt adalah sebaik-baiknya manusia. Kesimpulanya ulama' adalah sebaik-baik manusia. (Q.S Fathir :28, al-Bayyinah 7-8,) Ulama' adalah pewaris para Nabi. 
Bahkan disebutkan tentang keutamaan orang yang berilmu terhadap ahli ibadah ( yang tidak berilmu) seperti keutamaanku (Rasulullah) terhadap manusia yang paling rendah diantara kalian ( Hadist Nabi).
Dalam Sabda Rasulullah saw disebutkan 
" Barangsiapa menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan menjalankan disalah satu surganya.
" Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki dan wanita. Dan penuntut ilmu akan dimintakan ampunan oleh segala sesuatu, bahkan oleh ikan di laut. 
" Barangsiapa pergi menuntut ilmu, niscaya para malaikat akan mendo'akannya dan hidupnya akan diberi keberkahan. 
"Barangsiapa pergi ke majid semata-mata untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkan kebaikan, maka baginya pahala layaknya pahala haji yang sempurna.
"Orang yang berilmu dan orang yang belajar itu seperti jari jemari ini-Rasulullah saw menghimpun antara jari telunjuk dengan jari tengah, mereka bersekutu dalam hal pahala, dan tidak ada kebaikan pada kelompok manusia lainya yang melebihi itu. 
Bersambung ..........................
 
 

Bersambung Insya Allah .....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.