Langsung ke konten utama

INDAHNYA QONA'AH

Pujisyukur kami haturkan kepada Allah atas hidayah dan taufikNya.
Sholawat dan salam semoga tetap dipangkuan Nabiyullah Muhammad SAW. pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang pentingnya Qona’ah atau menemukan kecukupan di dalam apa yang ada dan tidak menginginkan apa yang tidak ada.
Orang yang merasa Qona’ah akan menemukan bubur yang lezat dan orang yang selalu kembali kepada Allah SWT. dalam segala hal akan di anugerahi Qona’ah (Qiil).
Dalam sebuah cerita, ada seorang laki-laki melihat seorang yang bijaksana sedang mengunyah potongan-potongan sayur yang di buang di tempat air, dan berkata kepadanya : “jika saja anda mau mengabdi kepada sultan, niscaya anda tidak perlu makan makanan begini”. Orang itu menjawab : “Dan anda, seandainya anda mau berqona’ah dengan makanan begini, niscaya anda tidak perlu mengabdi kepada sultan”.
Di katakan, Allah SWT menempatkan 5 perkara dalam 5 tempat :
1)       Keagungan dalam ibadah.
2)       Kehinaan dalam dosa.
3)       Kehidmatan dalam bangun malam.
4)       Kebijaksanaan dalam perut kosong.
5)       Kekayaan atau cukup dalam Qona’ah.
Salah seorang sufi bertanya: “siapakah orang yang paling Qona’ah di antara umat manusia?” Ia menjawab: “Yaitu orang yang paling berguna bagi umat manusia dan paling sedikit upahnya”.
Orang yang menangani urusan dunia dengan Qona’ah dan tidak bergegas-gegas, tapi menangani urusan akhirat dengan penuh kerakusan dan ketergesaan, menangani urusan agama dengan ilmu dan ijtihad adalah orang yang cerdas. (Abu Bakar Al-Maroghy).
Allah berfirman dalam kitabNya :
ان الابرار لفى نعيم وان الفجّار لفى جحيم
Artinya : ”Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka jahim”.
Perlu diketahui bahwa kata Na’im adalah qona’ah di dunia dan kata jahim adalah kerakusan di dunia. Jadi orang yang hidup di dunia selalu berQona’ah, balasannya adalah surga, sebaliknya bila selama hidupnya selalu dalam kerakusan, maka balasannya di akhirat nanti adalah neraka jahim. Naudzubillah.
Semoga kita ditakdirkan oleh Allah SWT manjadi orang yang bias meninggalkan keinginan terhadap apa yang telah hilang atau yang tidak kita miliki dan manghindari ketergantungan kepada apa yang kita miliki. Amiin….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EMPAT WALI QUTUB

Syaikh Abdul Qadir al-Jilani
Beliau pernah berkata “Kakiku ada diatas kepala seluruh wali.” Menurut Abdul Rahman Jami dalam kitabnya yang berjudul Nafahat Al-Uns, bahwa beberapa wali terkemuka diberbagai abad sungguh-sungguh meletakkan kepala mereka dibawah kaki Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

Syaikh Ahmad al-Rifa’i
Sewaktu beliau pergi Haji, ketika berziarah ke Maqam Nabi Muhammad Saw, maka nampak tangan dari dalam kubur Nabi bersalaman dengan beliau dan beliau pun terus mencium tangan Nabi SAW yang mulia itu. Kejadian itu dapat disaksikan oleh orang ramai yang juga berziarah ke Maqam Nabi Saw tersebut. Salah seorang muridnya berkata :
“Ya Sayyidi! Tuan Guru adalah Quthub”. Jawabnya; “Sucikan olehmu syak mu daripada Quthubiyah”. Kata murid: “Tuan Guru adalah Ghaus!”. Jawabnya: “Sucikan syakmu daripada Ghausiyah”.
Al-Imam Sya’roni mengatakan bahwa yang demikian itu adalah dalil bahwa Syaikh Ahmad al-Rifa’i telah melampaui “Maqamat” dan “Athwar” karena Qutub dan Ghauts itu a…

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN

Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses.
Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “.
Dengan para pemain :
1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono
2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy
3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru
4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni
5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho
6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili
7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil

Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selamat menyaks…

DOA AWAL DAN AKHIR TAHUN BULAN MUHARRAM / SURO

DOA AWAL TAHUN DI BACA HABIS MAGHRIB TGL 1 MUHARRAM





DAN DOA AKHIR TAHUN DI BACA SETELAH ASHAR TGL 29 DZULHIJJAH

SEMOGA BERMANFAAT. AMIN.

DOA DIATAS DAPAT ANTUM DOWNLOUD DISINI UNTUK AWAL TAHUN  DAN DISINI  UNTUK AKHIR TAHUN