Minggu, 08 Agustus 2010

Pengertian Perpustakaan


1.      Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan diartikan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual.[1]
Ada dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun dizaman sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi bisa berupa film, slide atau lainnya, yang dapat diterima diperpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu ddiorganisir, disusun teratur, sehingga ketika kita membeutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya,
Dengan memperhatikan keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan perpustakaan yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.[2] Menurut RUU Perpustakaan pada Bab 1 pasal 1 menyatakan perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas pera penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.
Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khusunya perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.[3]



Keempat, kurangnya promosi penggunaan perpustakaan menyebabkan tidak banyak siswa yang mau memanfaatkan jasa layanan perpustakaan. Anak kurang tahu tentang kegunaan perpustakaan, begitu juga dengan bahan pustakanya. Dia membutuhkan dorongan dan ajakan untuk berkunjung ke perpustkaan.
5.      Aktivitas Pokok Perpustakaaan
Untuk mencapai visi, misi, dan tujuannya perpustakaan menjalankan aktifitas-aktifitas pokok meliputi : pengembangan, pengolahan dan pelayanan koleksi.
Perkembangan disiplin ilmu pengetahuan
Cara melihat sesuatu sebagai disiplin ilmu.[4]
  1. Subyek kajian
  2. Aplikasi dan kapasitas
  3. Metode hasil akhir
Ilmu perpustakaan dan informasi [5]di artikan sebagai ilmu yang mempelajari dan mengkaji rekaman informasi, struktur, dinamika dan tranferan informasi, cara memperoleh, mencatat, menyimpan dan menemukan kembali untuk didaya gunakan dan didistribusikan.
Ilmu perpustakaan dapat dikatakan sebagai disiplin dapat dilihat dati tiga dimensi, yaitu produk, proses dan masyarakat.[6] Disiplin ilmu menurut Thomson sebagai body of knowledge, sekelompok konsep yang diajarkan bersama.





[1] Sulistiyo, Basuki; 1991
[2] Sugiyanyo
[3] Wiranto dkk, 1997
[4] Scwab,1990;7
[5] Syhabuddin Qolyubi, 2003 ;3
[6] Daoed Joesoef 1987

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.