Kamis, 10 Juni 2010

SIAPA DULUAN MASUK SURGA ?

TUlisan ini adalah hasil saya mendengarkan khutbah jum'at di daerah saya, saya sangat terkesan dengan khotbah khotib yang menerangkan tentang orang-orang yang masuk surga tanpa hisab. semoga saja kita termasuk di dalammnya ? amin-amin. Untuk lebih jelasnya begini isi khutbahnya.
Di akhirat nanti ada segolongan kelompok yang masuk surga dengan tanpa hisab, mereka-mereka telah di jamin oleh Allah untuk masuk surganya. siapakah mereka itu ?
  1. Orang yang mati sahid , berperang ( jihad) semata-mata karena Allah
  2. Orang yang menunaikan ibadah haji , dan tidak mengotori ibadah hajinya semata-mata karena Allah.
  3. Orang alim (ulama' ) yang mengamalkan ilmunya semata-mata karena Allah
  4. Orang yang dermawan, semata-mata karena Allah
namun keempat golongan itu saling berebutan untuk duluan masuk ke surga ? sebagai penjaga malaikat Jibril memberi giliran kepada orang yang mati syahid ?
Malaikat Jibril bertanya : Kenapa kamu ingin masuk surga duluan ?
Orang Mati sahid menjawab : Saya telah berjuang di medan perang dan mati, dan niat saya semata-mata karena membela agama Allah.
Malaikat Jibril bertanya : Dari mana kamu tahu kalau kamu kalau mati syahid akan masuk surga ?
Orang mati syahid menjawab : dari para ulama .
Mailaikat Jibril berkata : kalau begitu dahulukan dulu para gurumu, Kemudian giliran kedua.
Orang yang menunaikan ibadah haji mabrur , mereka juga ditanya seperti pada giliran pertama tadi dan jawabnya. aku telah haji dan niatkku hanya untuk Allah, aku tidak mengotori ibadah hajiku dengan hal-hal yang di larang oleh Allah.
malikat bertanya darai mana kamu tahu kalau ibadah hajimu klau mabrur kau akan masuk surga ?
Pak hji menjawab : Saya tahu dari seorang ulama. Malaikat berkata kalau begitu dahulukan dulu gurumu agr kau tidak syu'ul adab .
Kemudian giliran para ulama' : kenapa kau ingin masuk surga duluan ?
Jawabnya : karena aku menuntut ilmu semata-mata karena Allah, dan aku amalkan juga semata-mata karena Allah . Malaikat bertanya darimana kau peroleh biaya untuk menuntut ilmu itu, dan darimana pakaian yang kau pakai untuk menuntut ilmu itu . Maka Para ulama' menjawab : aku peroleh biaya dan pakean ini untuk menuntut ilmu dari seorang dermawan.Maka dengan izin dan Ridho Allah maka Dermawanlah yang pertama kali masuk surga kemudian diiringi dengan yang lainnya.
demikian sedikit keterangan yang saya sampaikan semoga bermanfaat . amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.