Rabu, 19 Mei 2010

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN

Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses.
Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “.
Dengan para pemain :
1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono
2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy
3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru
4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni
5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho
6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili
7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil

Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selamat menyaksikan.

Ardy : Bu…..Ardy akan berangkat kesekolah dulu ( jabat tangan ) saya minta doa restu ibu agar ardy bisa mengerjakan soal-soal ujian nanti dengan benar.
Ibu : Berangkatlah nak………biar nanti tidak terlambat, ibu selalu mendoakanmu.
Guru : (Lonceng berbunyi , semua siswa memasuki ruangan ujian, berdoa ), kemudian assalamu’alaikum. kerjakan soal-soal ujian ini dengan baik, ikuti tata tertib yang sudah ditentukan.
Murid : semua siswa menjawab ( wa’alaikum salam wr.wb )
Guru : (membagikan soal ) kerjakan soal-soal ujian ini dengan baik, ikuti tata tertib yang sudah ditentukan.
Murid : ia Pak Guru
Joni : soal-soal ujian ini biar aku kerjakan ngawur aja , aku tetap lulus dan dapat nilai
baik.( sudah selesai mengerjakan sambil tersenyum-senyum ).
Thomas : (duduk disebelah kanan Joni ) Jon kok udah selesai tolong Bantu aku soal nomor 5.
Joni : ( senyum ) walah gitu aja kok nanya jawabanya A
Thomas : (menulisnya ) makasih Jhon nanti aku dikasih tahu resepnya ya.
Joni : O.K ………….

Lonceng berbunyi, Waktu ujian telah habis semua siswa diperkenankan meninggalkan ruangan ujian.
Guru : biarkan soal –soal tetap di tempatnya .
Murid : berdoa ( lalu berjabat tangan dengan guru)
Thomas: Gimana resepnya tadi ?? o…alah gitu aja kok repot, nanti tak antar kita
berangkat bersama-sama ke rumah Mbah dukun .
Thomas : Ya jon kalau gitu akau tak ganti baju dulu
Joni : O.K (tertawa terbahak-bahak sambil ….mengadu tangan )
Maka berangkatlah Joni dan Thomas menuju rumah Dukun dengan maksud agar mbah dukun dapat menolong nilai ujian joni, waktu di jalanan bertemulah mereka dengan ardy

ARDY: (jualan kue di jalan sambil menewarkan dagangannyannya) kue_kue pisang-pisang,kuenya pak
Joni : Hai, mana mungkin kuemu bisa laku orangnya jelek,baju rombeng,miskin lagi
Thomas : benar apa yang di katakana Joni (lalu kuenya di tending Joni)
Joni : Ayo kita lanjutkan perjalanan ke Mbah Dukun


Ardy menanggis sambil merapikan kuenya yang tercecer,namun Ardy tetap menghadapi kehidupannya dengan sabar


Joni : permisi Mbah Dukun………………………………………..
Mbah Dukun : silahkan masuk……………………….ada apa nak,kok kelihatannya penting,(Dukun tertawa terbahak-bahak)
Thomas : Jon,saya takut (bisik-bisik)
Joni : Jangan takut,memang gitu Mbah Dukun (bisik-bisik)
Mbah Dukun : coba katakana nak,apa yang sebenarnya kamu inginkan,jangan takut nanti
akan Mbah Dukun bereskan semuannya
Joni : Begini Mbah,…………..saya kesini mohon restu pada Mbah Dukun agar nilai
ujian saya bisa lulus dan dapat nilai ujian yang baik
Mbah Dukun : Oooo Aalah, gitu aja kok repot,bisa,bisa,bisa coba ke sini,Mbah Dukun bacakan mantra agar kamu bisa lulus ujian dengan nilai baik(prosese ritual dimulai )siapa namamu nak ?
Joni : (manjawab) Joni
Mbah dukun : ( menunjukkan jari telunjuk ) dan kamu siapa ?
Thomas : (menjawab ) Thomas Mbah
Mbah dukun : (lalu mbah Dukun manggut-manggut kemudian komat kamit baca mantra,lalu memberikan bungkusan pada keduanya ) Sekarang pulanglah nak !!!nanti kamu akan dapat nilai bagus.
Joni dan Thomas : makasih mbah, kami mohon diri…..(keduanya berjabat tangan pada mbah dukun )
Setelah pulang dari mbah dukun Joni dan Thomas ditengan perjalanan bertemu dengan Fatimah.dan teman-temannya.
Joni : hai Fatimah kamu mau kemana ? , sini dong ngobrol dulu.
Fatimah : aku mau kerumah ardy , sekalian aku mau belajar disana ada materi yang belum saya pahami , ayo kita sama-sama kerumah ardy.
Joni : (nyengir) ngapaiin ke ardy, ngapain susah-susah belajar, aku mengerjakan ngawur aja nanti lulus kok gampang pang………pang…………...pang.
Fatimah : kamu kok menganggap enteng ujian…..ya terserah nanti, kalau tidak lulus itu urusan kamu.
Joni : aku akan lulus , kamu yang tidak lulus..ha…ha….ha……
Thomas : Ayo kita pulang bersama-sama
Waktu telah berlalu tibalah saat yang ditunggu-tunggu ?
Kini tibalah pengumuman kelulusan, semua siswa bergembira karena bias lulus dan saling berjabat tangan , Ardy yang menjadi bahan ejean lulus dengan prestasi yang baik. Disisi lain Joni yang selalu bermalas-malasan belajar dan menyombongkan diri ternyata tidak bisa lulus.
Ardy : alhamdulillah aku bias lulus ( sesampai dirumah nanti aku cepat-cepat memberitahu ibu )
Ibu : ( sedang menata kue sambil berpikir ) ya…….bagaimana kelulusan ardy nanti mudah-mudahan bisa lulus semoga Allah mengabulkan doa kami.
Ardy : (lari cepat-cepat, mengetuk pintu segera menemui ibunya ) bu….bu….bu…………. alhamdulillah a ….a….aku lulus bu……..
Ibu : syukurlah nak, ternyata usahamu tidak sia-sia. Alhamdulillah ya Allah ..( sambil menengadahkan tangan dan mengusapnya)
Ardy : bu…setelah lulus ini saya ingin melanjutkan di fakultas kedokteran.
Ibu : ibu mendukung cita-citamu nak…….tapi bagaimana mungkin ibu bisa membiayai kamu ,biayanya saja mahal
Ardy : iya bu…….ardy tahu nanti ardy akan usahakan sambil kerja dan saya akan belajar tekun , aku mohon restu ibu.
Ibu : ibu selalu merestuimu dan mendoakanmu semoga apa yang kamu cita-citakan tercapai.
Sementara itu Jhoni terlihat murung dan marah.
Joni : sial-sial. Kenapa Cuma aku yang tidak lulus padahal aku udah ke mbah dukun ya memang sial..
Begitulah joni menghabiskan waktunya dengan hura-hura. Waktu telah berjalan, hari demi hari bulan demi bulan dan tahun berganti tahun. Ardy dari seorang anak yang kekurangan namun dengan semangat belajar yang tinggi dengan kerja keras telah mencapai kesuksesan. Kini joni mengalami sakit akhirnya dibawa ke dokter
Joni : aduh……sakit bener nih …badan..( mendesah kesakitan)
Ardy : kalian semua menunggu di luar ya,pasien akan saya periksa,Joni apa yang terjadi denganmu,aku adalah teman kamu waktu sekolah dulu.
Joni : kamu siapa, ngaku-ngaku temankusegala( bicara ngomel)
Ardy : saya ardy…teman kamu sekolah dulu,Joni tahan sedikit ya sakitnya.saya periksa
Joni : (joni matanya terbelalak kaget,lalu mengucaknya)apa benar ya itu Ardy,ya…………….bisa juga Dia pandai (Joni sadar)aku minta maaf padamu ardy . aku selama ini mengejekmu, dan aku bermalas-malasan belajar akhirnya aku sekarang jadi begini. Maafkan aku ardy……
Ardy : iya saya maafkan, sudahlah jon itu masa lalu sekarang kamu harus sembuhdan semangatlah menjalani hidup …masih ada kesempatan yang lain.
Joni : terimakasih ardy……….kamu memang orang yang baik,setia kawan,suka menolong, penyabar,tidak putus asa,dan mempunyai semangat yang tinggi.
Ardy : ya kita harus saling tolong menolong,karena semua manusia saling membutuhkan Joni : iya Ardy kamu benar (lalu keduanya berjabat tangan dan berangkulan).
Hadirin sekalian demikianlah pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ..........., dan dapatlah diambil tauladan bahwa bagi yang sungguh-sungguh dalam belajar maka akan tercapai cita-citanya, dan sebaliknya bagi yang bermalas-malas dan senang hura-hura maka akan menuai kehancuran dan kegagalan. Semoga teater ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa……………….sekian dan terimakasih.

3 komentar:

  1. ada rekaman video nyakah gan dan music pengiringnya apasaja yang pas untuk judul drama diatas mohon masukannya... trims

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.