Langsung ke konten utama

MENELADANI AKHLAK ROSUL



Begitu jauh jarak waktu dan tempat bagi kita dengan Nabi Muhammad saw, namun kita beriman kepadanya ..sungguh beruntunglah orang yang seperti itu . pernah suatu hari Rosulullah saw bersabda kepada para para sahabat : Beruntunglah kalian tahu saya dan kalian beriman kepada saya , kemudian beliau melanjutkan beruntunglah...beruntunglah...beruntunglah....(sampai 3 kali , ada sebagian riwayat yang menyatakan diulang sampai 5 kali ). Ini artinya bahwa Sahabat yang hidup dimasa Nabi sangat beruntung karena mereka dapat melihat langsung nabi, perilaku / akhlak mulianya nabi dan mereka beriman kepadanya. Namun kita yang tidak pernah melihat langsung Nabi, tidak sempat melihat akhlaknya yang begitu mulia...ya Allah...Subhanaallah (aku terharu dalam menulis ini ) namun kita beriman kepada Beliau maka kita juga termasuk tergolong umat yang beruntung pula ...ya Allah .
اشهد ان لا اله الا الله و اشهد ان محمدا رسول الله
Tugas kita selanjutnya adalah mencontoh perilaku Nabi Muhammad saw dalam kehidupan kita ini, akhlaknya yang begitu mulia, di dalam al-qur'an digambar : " Sesungguhnya Terdapat dalam diri Rosulullah saw Suri Taulan yang baik " .
Mari kita telaah kembali satu contoh ajaran akhlak nabi yang patut kita contoh dalam penegakkan hukum akhir -akhir ini . Pernah suatu hari Rosulullah saw berkata " Kalau seandainya Fatimah anaknya Muhammad mencuri maka aku yang memotong tangannya " . hal ini mengisyaratkan bahwa walupun fatimah yang notabene adalah anaknya sendiri mencuri maka Muhammad ( beliau tidak bertakata Rosul, karena beliau tidak ingin mengagunggkan kedudukan ) yang akan memotongnya. Jadi hukum di tegakkan oleh nabi tanpa pandang bulu, baik itu kepada orang lain ataupun anaknya sendiri. hukum tetap di berlakukan tanpa pandang bulu. Maka apakah kita sudah seperti itu..atau penegak hukum di negara ini sudah seperti itu. Coba kita intropeksi masing-masing. Janganlah membedakan dalam penegakkan hukum , miskin, kaya. pejabat, rakyat jelata. dihadapan hukum adalah sama . Jangan sampai adzab Allah turun karena itu. Ingat umat-umat terdahulu di hancurkan oleh Allah karena mereka tidak mematuhi hukum, dan jangan sampai itu terjadi pada kita.

Disuatu daerah ada orang kecil mengambil semangka maka dia di vonis berat, mencuri ayam juga demikian, namun bila para pejabat berbuat salah tidak..jangan sampai itu terjadi. Hukum ditegakkan pada orang kecil /lemah setegak tegaknya namun bila pada para pembesar tidak, jangan seperti itu. mari kita berbuat adil, agar negara kita aman dan menjadi negara yang subur makmur, gemah lipah loh jinawe....Subhannallah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EMPAT WALI QUTUB

Syaikh Abdul Qadir al-Jilani
Beliau pernah berkata “Kakiku ada diatas kepala seluruh wali.” Menurut Abdul Rahman Jami dalam kitabnya yang berjudul Nafahat Al-Uns, bahwa beberapa wali terkemuka diberbagai abad sungguh-sungguh meletakkan kepala mereka dibawah kaki Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

Syaikh Ahmad al-Rifa’i
Sewaktu beliau pergi Haji, ketika berziarah ke Maqam Nabi Muhammad Saw, maka nampak tangan dari dalam kubur Nabi bersalaman dengan beliau dan beliau pun terus mencium tangan Nabi SAW yang mulia itu. Kejadian itu dapat disaksikan oleh orang ramai yang juga berziarah ke Maqam Nabi Saw tersebut. Salah seorang muridnya berkata :
“Ya Sayyidi! Tuan Guru adalah Quthub”. Jawabnya; “Sucikan olehmu syak mu daripada Quthubiyah”. Kata murid: “Tuan Guru adalah Ghaus!”. Jawabnya: “Sucikan syakmu daripada Ghausiyah”.
Al-Imam Sya’roni mengatakan bahwa yang demikian itu adalah dalil bahwa Syaikh Ahmad al-Rifa’i telah melampaui “Maqamat” dan “Athwar” karena Qutub dan Ghauts itu a…

NASKAH DRAMA JUDUL " KESABARAN "

KESABARAN

Sebuah cerita yang mengisahkan seorang remaja dari ekonomi lemah yang giat dan gigih dalam berusaha, semenjak dari bangku SD hingga sampai di perguruan tinggi mencari biaya sendiri dan dengan penuh ejekan atau cemoohan teman-temannya. Namun beliaunya mengadapinya dengan sabar, akhirnya Allah menjadikannya beliaunya menjadi orang sukses.
Para hadirin sekalian, marilah kita saksikan pagelaran teater cilik siswa-siswi SDN ....... Dengan mengangkat cerita “ Seorang penyabar “.
Dengan para pemain :
1. Ardy sebagai seorang penyabar diperankan oleh Ayub Abdurrahman Priono
2. Eka Fitria Riana sebagai Ibu Ardy
3. Muhammad fahri Muzakki sebagai guru
4. Andreas Bayu kusuma sebagai Joni
5. Thomas sahabat Joni diperankan oleh Siswo Muhammad Arif Nugroho
6. Fatimah dan Zahro sebagai sahabat Ardy diperankan oleh Sasisania Dewantari dan Laili
7. Mbah dukun diperankan oleh Fadil

Hadirin yang berbahagia inilah teater cilik siswa-siswi SDN ............ disutradai oleh Ibu Khusnul Hidayat selamat menyaks…

DOA AWAL DAN AKHIR TAHUN BULAN MUHARRAM / SURO

DOA AWAL TAHUN DI BACA HABIS MAGHRIB TGL 1 MUHARRAM





DAN DOA AKHIR TAHUN DI BACA SETELAH ASHAR TGL 29 DZULHIJJAH

SEMOGA BERMANFAAT. AMIN.

DOA DIATAS DAPAT ANTUM DOWNLOUD DISINI UNTUK AWAL TAHUN  DAN DISINI  UNTUK AKHIR TAHUN