Sabtu, 13 Maret 2010

Mendaftarkan Website kita ke search Engine


Terdaftar di Google dan mesin pencari popuper lain adalah cara yang sangat efektif dan gratis untuk mendatangkan pengunjung yang diinginkan ke situs kita. Di bawah ini akan kita temui hal apakah yang search engine cari ketika menentukan page rank situs kita, sehingga kita dapat melakukan hal yang tepat untuk hasil yang optimal. Bukan berarti apabila situs kita terdaftar di Google/Yahoo terus kita akan kedatangan traffic, namun kita harus memastikan bahwa situs kita sudah siap untuk search engine. Intinya adalah kebanyakan search engine menggunakan “formula” untuk menentukan kata kunci yang relevan/berhubungan. Istilah teknisnya adalah “algoritma”, dan setiap search engine memiliki algoritma masing-masing yang digunakan untuk memberikan ranking suatu halaman situs/blog.

Pada umumnya, formula ajaib ini berisikan judul halaman, konten secara keseluruhan dan jumlah link yang berkualitas yang ditujukan kepada situs/blog kita dari situs/blog lain, berapa lama orang bertahan untuk membaca/menikmati sajian yang diberikan oleh situs/blog kita, dan lain sebagainya. Sangat perlu untuk diingat bahwa setiap search engine itu berbeda. Beberapa bisa aja melihat kepada inbound links (jumlah situs/blog yang nge-link ke situs kita), lainnya bisa aja lebih menaruh perhatian kepada isi/konten. Dewasa ini, meta tag content menjadi kurang berpengaruh.

Bila masih belum tahu, meta tags adalah pemberi deskripsi tersembunyi yang muncul pada bagian awal kode HTML, di dalam bagian tag . Tag ini engga terlihat oleh kita atau pengunjung situs/blog, tetapi spider-nya search engine dapat membacanya.

Biasanya berisikan tag judul, deskripsi, dan kata kunci. Kelihatan seperti begini:



judul situs/blog kita







Oleh karena banyak disalah gunakan, banyak search engine tidak menggunakan tag-tag ini lagi untuk memberikan rangking suatu halaman situs/blog, tetapi kita seharusnya tetap memasukkan tag-tag tersebut ke bagian head situs/blog karena search engine benar-benar memanfaatkan data-data tersebut untuk menampilkan informasi situs/blog kita.

Sebagai contoh, apapun yang ada di dalam tag adalah apa yang akan digunakan search engine untuk memberikan judul situs/blog kita pada hasil pencarian.

Tiga Besar Search Engine – Google, Yahoo dan MSN (Live)

Ada banyak search engine di luar sana yang membawa traffic, tetapi kenyataannya Google, Yahoo dan MSN memiliki persentase yang besar. Ya, ada banyak search engine seperti AOL, Netscape, dan lain-lain, tetapi hasilnya tidak seperti ketiga search engine besar tadi. Dengan kata lain, ketika kita mendapatkan traffic dari Google, Yahoo dan MSN, maka ranking situs kita akan baik pada search engine lainnya.

Bagaimana Agar Supaya Terdaftar di Google

Ada dua cara untuk bisa terdaftar pada Google, tetapi perlu diingatkan dengan menggunakan salah satu dari kedua metode ini tidak menjamin situs/blog kita akan bisa terdaftar. Google lebih selektif untuk mengindex situs/blog ke dalam database mereka, langkah pertama adalah dengan memastikan bahwa situs/blog kita memiliki banyak manfaat, dan konten yang unik.

Setelah itu, berusahalah untuk mencari link yang berkualitas yaitu dari situs/blog yang relevan dengan situs/blog kita. Pada saat ini kedua cara tersebut adalah yang terbaik untuk mendapatkan perhatian Google.

Berikut ini beberapa metode yang memungkinkan situs kita bisa terdaftar…

1. Cara pertama untuk dapat terdaftar di Google adalah dengan menggunakan Add URL Google sendiri dengan alamat URL http://www.google.com/addurl.html metode ini tidak tergantung kepada Open Direktori, tapi metode ini bisa membuat situs kita terdaftar. Google mengatakan bahwa tidak semua situs/blog dimuat, jadi jangan kaget bila metode ini tidak berhasil.

2. Cara kedua supaya terdaftar adalah dengan mendapatkan link dari situs/blog lain yang udah terdaftar di Google. Dengan begitu, bila spider Google mengunjungi situs/blog yang memberi link untuk melakukan update, maka link tersebut akan diambil oleh spider dan memasukkannya dalam database Google. Metode ini tidak selalu berhasil, tetapi kebanyakan situs/blog bisa terdaftar dengan cara ini.

Terdaftar di Yahoo dan Live (Dulunya MSN)

Kebanyakan situs/blog terdaftar di Yahoo dan Live dengan bantuan spider dari situs/blog lain. Artinya jika kita udah punya link dari situs/blog lain atau web directory, Robot Live dan Yahoo akan mendapatkan situs/blog kita ketika mereka meng-update index pencarian mereka.

Jika tidak sabar untuk didatangi spider, kita bisa melakukan submit manual ke Live dengan alamat URL http://search.msn.com/docs/submit.aspx

Jangan lakukan submit situs/blog secara berulang-ulang, hal ini tidak akan mempercepat proses pendaftaran, malahan membuat situs kita dibanned. Alamat submit manual Yahoo adalah https://situsexplorer.search.yahoo.com/submit

Direktori Yahoo

Direktori Yahoo juga merupakan tempat untuk mendaftarkan situs/blog kita. Ketika masuk ke halaman Yahoo.com dan mencari sesuatu menggunakan kotak pencariannya, berarti kita sedang menggunakan search engine mereka. Jadi sangat mungkin untuk masuk ke dalam index pencarian biasa dan tidak terdaftar dalam direktori mereka.

Direktori Yahoo sebenarnya adalah suatu daftar kategori situs/blog yang terletak di http://dir.yahoo.com/ dan tidak sering digunakan oleh para peselancar web. Manfaat utama bila terdaftar di sini adalah situs/blog kita akan memiliki link yang sangat berkualitas. Banyak search engine melihat siapa yang memberikan link kepada situs/blog kita dan jika kita punya link dari direktori Yahoo, kita akan mendapatkan kredibilitas.

Sebagian orang percaya dengan terdaftar pada direktori akan memberikan bantuan untuk menaikkan rangking Google dan rangking pada search engine lainnya. Emang engga ada bukti otentik mengenai hal ini. Yahoo juga mengatakan bahwa dengan terdaftarnya situs/blog kita pada direktori mereka, bukanlah suatu jaminan posisi situs/blog kita akan berpengaruh pada hasil pencarian search engine mereka.

Jika situs/blog kita adalah bersifat komersil maka harus mengeluarkan biaya listing di direktori Yahoo selama setahun. Jadi bila kita setuju dengan harga tersebut, disarankan untuk mendaftarkannya ke Yahoo agar supaya mendapatkan link yang berkualitas tinggi, tapi jangan berharap terlalu banyak halaman yang kita daftarin akan mendapatkan banyak pengunjung. Terserah kita untuk memutuskan apakah pantas atau tidak untuk melakukan langkah tersebut. Banyak webmaster yang masuk ke dalam “3 besar” search engine tidak mendaftarkan situs/blog mereka ke dalam direktori Yahoo. (ekurniaw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.