Sabtu, 27 Februari 2010

CONTOH PROPOSAL UNTUK S1

PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA

TERHADAP PRESTASI ANAK DI DESA MANGUNAN

KECAMATAN KABUH JOMBANG

PROPOSAL SKRIPSI

Diajukan Kepada :

Sekolah Tinggi Agama Islam “ Bahrul Ulum “Tambakberas Jombang

Untuk Menyelesaikan Skripsi Program Strata Satu ( S.I )

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)

OLEH :


NIM :

NIMKO :

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)

“ BAHRUL ULUM “

TAMBAK BERAS JOMBANG

PEBRUARI 2010








PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA

TERHADAP PRESTASI ANAK DI DESA MANGUNAN

KECAMATAN KABUH JOMBANG

PROPOSAL

OLEH :


NIM :

NIMKO :

DOSEN PEMBIMBING

JOMBANG. 2010

TELAH DI SETUJUI OLEH

Ketua Program Studi

( )




BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kedudukan tumah tangga atau keluarga merupakan pembentukan masing-masing anggotanya, terutama anak yang masih dalam bimbingan dan tanggung jawab orang tuanya.

Perkembangan anak meliputi keadaan fisik, emosional, sosial, dan intelektual akan berjalan dengan baik jika di dalam suasana rumah tangga semuanya juga berjalan secara harmonis. Suasana rumah juga merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan, rumah tangga yang sering tegang, ribut, terjadi pertengkaran antara kedua orangtuanya, akan menyebabkan anak menjadi bosan dirumah, suka keluar rumah (ngluyur) akibatnya belajar anak menjadi kacau.

Selanjutnya agar anak dapat belajar dengan baik perlulah diciptakan suasana rumah yang tenang dan tentram, selain anak betah tinggal dirumah, anak juga dapat belajar dengan baik.[1]

Melalui upaya pendidikan anak, orang tua memiliki pengaruh langsung dalam menggariskan masa depan yang dinanti – natikan oleh anak, baik pengaruh tersebut menuju arah kebahagiaan atau arah kesengsaraan.

Tetapi upaya orangtua dalam mendidik anak merupakan muqtadha (tuntutan) bagi dibangunnya lahan yang layak untuk masa depan anak pada berbagai jenjang kehidupan, sebab biasanya perilaku orangtua yang ta’at dan ikut campur tangan dalam mendidik anak membawa pengaruh positif dalam mempegarhi masa depannya.

Begitu juga sebaliknya orangtua yang mengabaikan pendidikan anak, maka akan membawa hasil yang negative terhadap masa depannya.[2]

Sekolah hanyalah pembawa kelanjutan pendidikan dalam keluarga. Jadi keluarga tidak hanya sebagai persekutuan hidup antara orang tua dan anak. Tetapi juga menjadi arena dimana anak mendapatkan pendidikan yang pertama dan utama, baik rohani maupun jasmaninya.[3]

Prestasi anak dalam dunia pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah peranan keluarga dengan segala kondisi kesehariannya, karena aktifitas belajar anak tidak lepas dari peranan keluarga, membantu anak untuk mencapai keberhasilan dalam belajar menghadapi berbagai macam problem dalam mengawasi dan perkembangan putra-putrinya.

Petunjuk penting bagi pendidikan dalam lingkungan keluarga.

a. Usahakan suasana yang baik dalam lingkungan keluarga.

b. Tiap-tiap anggota keluarga hendaklah belajar berpegang pada hak dan tugas kewajiban masing-masing.

c. Hendaklah mengetahui tabiat dan watak anak-anak.

d. Hindarkan segala sesuatu yang dapat merusak pertumbuhan jiwa anak-anak.

e. Biarkan anak-anak bercampur gaul dengan teman-temannya di luar lingkungan keluarga.[4]

Inti dari keluarga adalah orang tua yang bisa menghantar anak pertama kali ke dunia pendidikan.

Berhasil baik atau tidaknya pendidikan di sekolah tergantung pada pendidikan di dalam keluarga, mengingat betapa pentingnya pendidikan dalam lingkungan keluarga bagi perkembangan anak menjadi manusia yang berpribadi dan berguna bagi masyarakat.[5]

Disinilah Islam memerintahkan untuk mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh, cerdas dan memberi pendidikan yang bersifat kognitif dan psikomotorik dan pendidikan budi pekerti atau ahlaqul karimah serta memberi bimbingan secara total jasmani dan rohani.

Terkait dengan hal diatas, maka pengaruh keharmonisan rumah tangga adalah menetukan pendidikan anak. Bertolak dari itu penulis ingin memberikan kontriusi ilmiah berupa hasil penelitian yang berjudul “ PENGARUH KEHARMONISAN RUMAH TANGGA TERHADAP PRESTASI ANAK DI DSN. BRUMBUNG DS. MANGUNAN KABUH JOMBANG “.

Rasulullah SAW secara jelas mengingatkan kepada seluruh umat manusia , betapa pentingnya membina anak-anak sebagaimana beliau bersabda :

عن الاسود ابن سريع قال: قال النبي صلي الله عليه وسلم :كل مولود يولد علي الفطرة حتى يعرب عنه لسانه فابواه يهودانه او ينصرانه او يما جسانه (رواه الطبرانى)

Hadits dari Aswad bin Sari’ berkata : Nabi SAW bersabda : Setiap bayi yang baru lahir dalam keadaan fitrah (suci) sehingga lisannya digerakkan maka terserah oleh kedua orang tuanya mau dijadikan Yahudi, atau Nasrani atau Majusi ( HR. THOBRONI )[6]

B. RUMUSAN MASALAH

Untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pengaruh keharmonisan rumah tangga terhadap prestasi anak maka ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :

1. Bagaimana tingkat keharmonisan keluarga di Desa Mangunan Kabuh Jombang ?

2. Bagaimana prestasi belajar anak di sekolah Desa Mangunan Kabuh Jombang ?

3. Berapa besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi anak di sekolah di Desa Mangunan ?.

C. TUJUAN PENELITIAN

Berdasarkan rumusan masalah diatas ada beberapa tujuan yang ingin diketahui dari peneliti yaitu:

1. Bertujuan untuk mengetahui tingkat keharmonisan keluarga di Desa Mangunan Kabuh Jombang

2. Untuk mengetahui prestasi belajar anak di sekolah di Desa Mangunan Kabuh Jombang.

3. Untuk mengetahui (mendiskripsikan ) besarnya pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar anak di sekolah di Desa Mangunan Kabuh Jombang.

D. MANFAAT PENELITIAN

Adapun manfa’at dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut :

1. Bagi penulis adalah sebagai tambahan hasanah ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam penyusunan karya ilmiah, serta untuk memperoleh gelar sarjana program strata satu dalam pendidikan agama islam pada sekolah tinggi agama islam ( BAHRUL ULUM “ Tambakberas Jombang.

2. Dapat memberikan informasi bagi masyarakat khususnya para pengajar bahwa prestasi anak bukan hanya ditentukan oleh lingkungan sekolah , akan tetapi hamper 70% ditentukan oleh kondisi keharmonisan dan perilaku keluarga.

3. Bagi almameter adalah sebagai bahan acuan atau referensi pada penelitian berikutnya serta merupakan perbendaharaan perpustakaan dilingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam “BAHRUL ULUM “ Tambakberas Jombang.

E. TINJAUAN PUSTAKA

Penulis ingin mengetahui sejauhmana pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi anak di sekolah di Desa Mangunan Kabuh Jombang, sehingga penulis mengangkat judul yang tersebut diatas.

Untuk membahas tentang pengaruh keharmonisan keluarga taerhadap prestasi anak, maka ada beberapa buku yang digunakan sebagai bahan pustaka. Diantaranya adalah karya Sayyid Muhammad, Ibu Alwi Almaliki Al Hasani, seni berkeluarga islami, membongkar segudang problematika kehidupan rumahtangga berikut solusinya. Penerbit NUQTFOH. 2004. Depok sleman YK dan buku karya Husain Mazhahito, Pintar mendidik anak, Jakarta penerbit Lentera Basritama 1992. serta buku-buku yang lain yang tertulis di daftar pustaka.

F. METODE PENELITIAN

Yang dimaksud dengan meteode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu, dengan cara ini di harapkan data yang akan didapatkan adalah data yang obyektif dan valid.

Obyektif, semua orang akan memberikan penafsiran yang sama. Valid : ketepatan antara data yang terkumpul dengan obyek yang sesungguhnya. Untuk mencapai maksud tujuan tersebut diatas penulis menggunakan beberapa pembahasan sebagai berikut yaitu : jenis penelitian, sumber data, t5eknik pengumpulan data, teknik analisa data.[7]

1. Jenis Penelitian

Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto, yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi, untuk menemukan sebab-sebab peristiwa yang diteliti, penelitian ini menggunakan logika dasar yang sama dengan penelitian eksperimen yaitu jika X maka Y, hanya saja dalam penelitian ini tidak ada manipulasi langsung terhadap variable Independent.[8]

2. Sumber Data

Untuk memudeahkan penelitian, data yang akurasi sangat diperlukan, oleh karena itu penulis menggunakan a. Data primer : yaitu data yang bersumber dari wawancara perangkat desa Mangunan untuk mencari data yang valid tentang peta desa, jumlah KK (Kepala keluarga) dan jumlah jiwa penduduk Desa Mangunan, serta pengisian angket oleh masyarakat Desa Mangunan. b. Data sekunder : adalah data pendudkung penelitian secara teoritis maupun empiris yaitu berupa kajian pustaka yang ada hubungannya dengan pembahasan judul skripsi “ Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap prestasi anak di Sekolah di Desa Mangunan Kabuh Jombang “.

3. Teknik Pengumpulan data

Untuk mendapatkan data yang ada kaitannya dengan penelitian maka penulis menggunkan beberapa metode antara lain :

a. Metode Observasi

Observasi adalah suatu studi yang sistematis terhadap kejadian – kejadian yang spontan. Metode ilimiah observasi bisa diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena – fenomena yang diselidiki.[9]

Observasi dapat digabungkan menjadi dua macam yaitu observasi langsung dan observasi tidak langsung. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi langsung kepada masyarakat di Desa Mangunan Kabuh Jombang tentang seberapa besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi anak di Sekolah di Desa Mangunan.

b. Metode Kuesioner / angket.

Hadar Nawawi mengartikan kuesioner adalah sebagai salah satu pengumpulan informasi dan penyampaian sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis oleh responden.

Metode angket adalah sejumlah daftar pertanyaan yang diajarkan oleh penulis untuk meminta jawaban dari subyek yang diteliti dengan dasar pengetahuan dan keyakinan pribadi.

Metode ini penulis gunakan untuk mencari data yang valid dan strategis yang ada hubungannya antara kondisi keharmonisan keluarga dengan prestasi yang dicapai anak. Dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan yang disertai alternative jawaban.

c. Metode Interview

Metode interview adalah pengumpulan data dengan Tanya jawab sepihak yang dilakukan dengan sistematis dan berdasarkan pada tujuan penyelidikan [10]. Hampir semua data diperoleh dengan jalan metode interview ini, asalkan apa yang ditanyakan masih berada dalam ruang lingkup pengalaman dan pengetahuan responden.

d. Metode Dokomentasi

Metode dokumentasi adalah metode pengumpulan data dengan jalan mengenai hal –hal atau variable yang berupa majalah, catatan-catatan, dokumen dan sebagainya.

Menurut Suharsimi Arikunto berpendapat bahwa adalah documenter adalah teknik mencari data mengenai hal – hal yang variable yang berupa catata, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya.[11]

G. Tehnik Analisa Data

Teknik analisa data yang akan digunakan oleh penulis adalah menggunakan analisis yang berpedoman pada cara berfikir reflek adalah kombinasi antara berpikir deduktif dan induktif. Atau dengan cara berpikir yang bolak balik antara data teoritik dan empiric.

Adapun pola piker deduktif adalah menarik kesimpulan dari yang bersifat umum kepada hal yang bersifat khusus, sedang pola piker induktif ialah cara yang mempelajari hal untuk menentukan hokum yang bersifat umum.[12]

Karena dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa data tentang besarnya pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi anak di sekolah di Desa Mngunan Kabuh Jombang. Maka bagi penulis tidak lepas dari penggunaan data statistik. Adapaun untuk menganalisa data yang digunakan adalah teknik analisa yang sesuai dengan sifat dan jenis serta tujuan dalam pembahasan dalam skripsi ini.

Sedangkan dalam penelitian ini ada dua variable yaitu variable bebas (Independent) adalah kondisi keharmonisan keluarga, dan variable terikat (Dependent) yaitu prestasi anak.

Adapun paradikma dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

X

Y


1 2 3

Keterangan : X = Kondisi keharmonisan keluarga

Y = Prestasi anak

H. SISTEMATIKA PEMBAHASAN

Untuk mempermudah memahami serta mengetahui gambaran tentang skripsi ini maka penulis membuat sistematika pembahasan sebagai berikut :

BAB I : Pendahuluan yang menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode analisa data dan sistematika pembahasan.

BAB II : Kajian teori yang menguraikan tentang pengertian keluarga, kondisi keluarga yang meliputi keluarga harmonis dan keluarga tidak harmonis, efisiensi peran orangtua terhadap anak, pengertian belajar, keberhasilan belajar serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi anak.

BAB III : Pembahasan yang meliputi data hasil observasi, interview, hasil penelitian, penyajian data angket dan dokumentasi..

BAB IV : Penutup : kesimpulan dan saran, daftar pustaka.


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, HM. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Riset. Yogyakarta, Andi Offset. 1987

Jalaludin Abd. Rahman Ibnu Abu Bakar As Syuyuthi, Al Jamius shoghir Juz 1

Mazhariri, Husain. Pintar Mendidik Anak. Jakarta. Penerbit Lentera Basritama. 1992

Purwanto, Ngalim M. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung. Remaja rosdakarya offset. 1993

Sugiyono, Metode Penelitian Adminstrasi. Bandung, Penerbit Alfabeta. 2002

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Penerbit Rineka cipta. 2003



[1] .Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. hal 63

[2] Husain Mashahiri, Pintar Mendidik Anak (Penerbit lentera Jakarta. 1992) hal 1-2

[3] .H.M Arifin . Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama .hal 8

[4] M.Ngalim Purwanto Mp. Ilmu Pendidikan, Teoritis dan Praktis hal.85 - 86

[5] Ibid, hal, 85 -86.

[6] . Al –Jami’us Shoghir Juz 1 hal 95. Jalaludin ABD. Rohman Ibn AbuBakar AS Syuyuthi.

[7] Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, (Alfabeta Bandung- 2002) hal 1

[8] Ibid. hal 3

[9] Sutrisno Hadi. Metode Riset. (yogyakarta, Andi Offset 1987), hal 136

[10] Ibid, hal 193

[11] Ibid, hal 206

[12] Sutrisno Hadi. Metode Riset. yogyakarta, Andi Offset 1993, hal 36-42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA.